Self Hipnosis, Puasa dan Pengendalian Diri

Puasa ramadhan tahun ini sudah sampai di hari ke-7, tentu anda yang beragama islam menjalankan puasa dengan penuh kesungguhan ya. Puasa dengan sungguh-sungguh itu berbeda dengan puasa kebanyakan orang yang hanya sibuk menahan lapar dan haus saja. Memang sih secara kasat mata yang namanya puasa adalah menahan lapar dan haus saja. tapi sebenarnya ada proses “self hipnosis” didalam puasa itu.

Jadi keluar kata “self hipnosis” ya, di artikel ini, ngomongin self hipnosis kalau diartikan secara bahasa adalah menghipnosis diri sendiri. Tapi, banyak orang yang salah dalam memaknai kata self hipnosis, bahkan ada beberapa buku yang juga keliru dalam memberikan makna self hipnosis. Saya coba ulas secara singkat ya di artikel ini.

Self-Hipnosis, terdiri dari dua kata yaitu “self” dan “hipnosis/hypnosis”, jika diartikan perkatanya maka self-artinya diri sendiri, dan “hypnosis artinya kondisi dimana seseorang sedang dalam santai. Sehingga jika diartikan secara menyeluruh makna dari “self hipnosis/self hypnosis” adalah sebuah tindakan untuk membuat diri sendiri berada dalam kondisi santai. Tentu setiap hari anda pasti bisa untuk berada dalam kondisi santai, saat sedang minum kopi, saat sedang duduk depan rumah, saat sedang menonton televisi. Hampir semuanya adalah dalam kondisi santai. Kondisi santai tersebut dibuat sendiri oleh diri kita, artinya semua orang bisa dengan mudah melakukan self hipnosis, kan tinggal bicara aja “aku mau nyantai dulu sambil ngopi”, beres kan hehe. Mudah ya. 

Saat kita bicara untuk santai maka itu adalah bentuk pengendalian diri, mengendalikan diri untuk selalu dalam situasi santai dan nyaman saja. Mengendalikan diri itu harus dimulai dengan mengendalikan pikiran. Jadi self hipnosis adalah bentuk dari pengendalian diri. Diperlukan pemahaman yang benar dan utuh tentang Hipnosis supaya paham bahwa sebenarnya self hipnosis itu adalah tindakan atau serangkaian kegiatan untuk menyuruh diri supaya santai. Sehingga tidak harus self hipnosis itu dilakukan dengan duduk bersila, dengan berbaring atau pejam mata. Ketika anda menyuruh diri untuk santai itu ya sudah self hipnosis. Seringkali banyak orang yang mengikuti kelas AMC (Alpha Mind Control) itu kaget, karena pemahaman yang mereka ketahui selama ini tentang self hipnosis itu salah, akibatnya mereka tidak pernah menyadari bahwa sebenarnya setiap haris juga melakukan self hipnosis. 

Baca juga : Hipnotis itu Sebenarnya Menyuruh Lho

Lalu apa kaitannya dengan PUASA. Oke coba pahami penjelasan berikut ini ya. Ketika anda di sore hari waktu puasa biasanya sekitar jam 2-4 , sudah terasa lelah dan mungkin lemes ya. hehe..Nah saat itulah peran pengendalian diri  menjadi penting untuk menyuruh tubuh supaya santai dan tetap kuat dalam menjalani puasa seharian. Pasti anda akan berkata ke dirinya “ayo yang kuat sebentar lagi adzan maghrib”. Nah proses berkata ke diri sendiri, itu kan namanya menyuruh diri ya. Berarti sudah self hipnosis. Berpuasa berarti menjadi ajang untuk latihan self hipnosis dengan benar. Mengendalikan diri untuk tidak marah, mengendalikan diri untuk tidak bergunjing dan mengendalikan diri untuk hanya berbuat baik. Sehingga dengan berpuasa maka sama saja kita sedang melakukan self hipnosis seharian.

Jadi anda tidak perlu lagi bingung dengan pengertian self hipnosis, meskipun banyak artikel, banyak informasi dan pengetahuan tentang self hipnosis/self hipnotis diluar sana yang seakan-akan susah dan membingungkan. Selamat berpuasa, lakukan self hipnosis yang utuh sebulan ini, sehingga goalnya mampu melakukan pengendalian diri yang sempurna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s