Hipnotis itu harus Tertidur? TIDAK !

hipnotis-sampai-tertidur-firman-pratamaKata HIPNOTIS sering kali mendapat diartikan dalam makna yang sempit bahkan salah, yaitu sering disamakan dengan kondisi dimana seseorang sedang berada dalam TIDAK SADAR dan HARUS TERTIDUR. Makna seperti ini muncul dan melekat di masyarakat karena memang tayangan ditelevisi yang merupakan permainan panggung selalu menampilkan persepsi bahwa HIPNOTIS itu adalah TIDUR dan TIDAK SADAR. Bahkan, ada beberapa praktisi hipnotis, hipnoterapi yang masih memegang makna ini. Entah, apakah memang ingin selalu dilekatkan dengan makna TIDUR, sehingga mengesankan bahwa orang yang bisa mengHIPNOTIS itu adalah orang yang memiliki kekuatan gaib yang luar biasa. Saya ingin mendefinisikan lebih luas dari kata HIPNOTIS, karena kalau kita hanya mengatakan HIPNOTIS itu harus TIDUR maka itu sama aja kita terjebak dalam sebuah kotak sempit, bahkan sangat sempit.

Tadi sore, saat saya masih di Wahana Sejati, karena hari Jumat siang ada janji dengan seorang klien di sana. Ada sebuah telepon yang masuk ke nomor saya, “mas firman, saya mau belajar hipnoterapi, saya sudah punya gelar CHt dari xxx , tapi saya kesulitan untuk membuat klien saya tertidur, ada yang tidur tapi ada juga yang tidak tertidur, kalau tidak tertidur saya menjadi kurang yakin dalam memberikan sugesti, mas firman bisa bantu saya?” kata seseorang bapak yang bicara melalui telepon ke saya. Mendengar pertanyaan seperti ini, saya terdiam sebentar, lalu saya bertanya ke bapak ini. “Bapak, mau menjadi hipnoterapist?sudah merasa cukup hanya dengan gelar CHt?, bapak belum paham tentang hipnotis ya?”

Bapak ini mungkin sedikit tersinggung dengan pertanyaan saya, “Saya bisa hipnotis mas, sudah banyak orang yang saya hipnotis dan saya sering main di kantor saya, lebih dari 50 orang sudah saya tidurkan”, jawab bapak ini. Akhirnya saya bilang ke bapak ini “bapak kalau mau ketemu saya, silahkan saya mau sedikit perbaiki pemahaman bapak, karena saya nilai bapak belum paham apa itu hipnotis walaupun bapak sudah sering menidurkan orang, kalau itu bapak mau ketemu saya”

ilmu-hipnotis

Saya sering mendapat pertanyaan tentang HIPNOTIS itu TIDUR atau TIDAK? SADAR atau TIDAK SADAR. Kalau dikatakan hipnotis itu harus tidur maka jawabannya TIDAK, tapi TIDUR juga bagian dari HIPNOTIS, kalau saat diberikan sugesti itu terTIDUR maka pasti ngorok, tapi yang tepat adalah TIDUR di level TERJAGA. Lalu, apakah TIDAK SADAR? kalau ini pertanyaannya, maka saya jawab HIPNOTIS itu kondisinya SADAR. Sebab kalau TIDAK SADAR itu namanya PINGSAN. Benar kan?

Mulailah untuk membuka pikiran anda, mau menerima kenyataan bahwa HIPNOTIS TIDAK HARUS TIDUR, dan HIPNOTIS bukan kondisi TIDAK SADAR. Lalu bagaimana kondisi hipnotis?

Ketika dimunculkan ini pertanyaannya, maka saya sering mengatakan bahwa kondisi hipnotis itu adalah kondisi biasa saja, dimana anda mau mengikuti saran orang lain. Contoh, ketika anda datang ke dokter karena sedang sakit, lalu dokter ini berkata ke anda “minum obatnya 2x sehari, kurangi kopi ya jadi sekali saja dalam 3 hari, nanti bisa gagal jantung kalau kopinya masih terus”

Lalu, anda dengan menurut mengatakan “iya dok, saya pasti lakukan”. Apakah ketika anda menjawab sugesti dokter ini dalam kondsi tidur?dalam kondisi tidak sadar? TENTU TIDAK, dan kondisi itulah sebenarnya HIPNOTIS

Dokter sedang menghipnotis anda, untuk patuh meminum obat dan menjauhi kopi.

Contoh lain, saat anda pergi ke pusat pembelanjaan,lalu ada sales makanan yang datang ke anda, “silahkan pak dicoba gratis”, lalu anda mencobanya, dan si sales ini berkata lagi “murah, kok pak/ibu, mumpung masa promo beli satu dapat dua”. Dan anda pun membeli produk itu, nah itu juga HIPNOTIS, apakah anda tertidur?apakah anda tidak sadar?

Anda harus mulai memperluas pemahaman tentang HIPNOTIS agar bisa keluar dari kotak sempit pikiran anda.

:Firman Pratama: (spesialis pikiran bawah sadar)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s