7 Kesalahan Persepsi tentang Hipnotis

ilmu-hipnotisMendengar kata hipnotis langsung membuat orang awam serasa takut dan menjauh, hal ini pernah terjadi pada diri saya ketika datang ke reuni SMA tahun lalu, teman-teman saya tahu melalui facebook jika saya sekarang mendalami, mengajarkan hipnotis bahkan memiliki website dengan nama ahlihipnotis.com, tentu menurut mereka saya telah keluar jalur dari kehidupan normal yang dulu saya dikenal sebagai ketua osis yang selalu juara kelas paralel (fakta lho:)) tiba2 setelah tidak bertemu beberapa tahun langsung berubah menjadi seorang ahli hipnotis. Itulah anggapan mereka, bahkan ada yang langsung bilang ke saya, “gak salah loe fir belajar hipnotis setau ku dulu kan kuliah di stttelkom?”

Itulah persepsi masyarakat kita tentang hipnotis, mengapa bisa mereka berkata seperti itu? Sebab dari dulu yang dipahami tentang kata hipnotis adalah sesuatu yang negatif dan menyesatkan, sehingga terkesan aneh ketika seseorang mempelajarinya dengan begitu dalam. Yang lucunya, ada seorang guru saya yang berkata lagi “kalau belajar ilmu itu nanti matinya susah lho”, saya hanya tersenyum dan menjawab, “urusan mati itu urusannya yang punya nyawa saya pak”

Kesalahan persepsi yang ada di masyarakat ini muncul akibat pemberitaan dan tontonan televisi, dimana seorang bisa membuat orang lain seolah-olah tertidur tanpa sadar sehingga bisa disuruh berbuat apapun yang tidak wajar menurut pemikiran orang awam.

Saya merangkum ada 7 kesalahan persepsi masyarakat tentang hipnotis

1. Hipnotis itu membuat tidak sadar

2. Hipnotis itu memasuki alam lain

3. Hipnotis itu membuat orangnya tertidur

4. Hipnotis itu susah belajarnya dan butuh ritual khusus

5. Hipnotis itu menggunakan kuasa kegelapan

6. Hipnotis hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu

7. Hipnotis itu bertentangan dengan agama

Itu yang saya simpulkan dari banyak orang yang bertemu dengan saya dan berpendapat tentang apa itu hipnotis. Sebagai seorang pakar bawah sadar maka saya memiliki kewajiban untuk menjelaskan secara tepat dan benar, apa itu hipnotis sebenarnya.

Secara gampang, hipnotis adalah kondisi dimana kita mau melakukan apapun tanpa berpikir panjang demi sebuah keinginan.  Bukankah kondisi seperti itu sering kita alami, disaat para lelaki terpesona dengan kecantikan luar dalam seorang perempuan, maka apapun rela dikorbankan demi cintanya kepada perempuan itu. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa si perempuan itu telah menghipnotis lelaki yang mengejarnya.

Contoh lain, misalnya kita sedang mengikuti sebuah acara keagamaan, karena saya muslim maka contohnya adalah pengajian yang diakhiri dengan muhasabah, disaat para jemaah mengalami masa hening lalu terdengar isak tangis diiringi alunan tasbih karena dibimbing oleh ustadz atau kiyai untuk mengingat dosa-dosanya, itu juga dapat dikatakan bahwa kiyai atau ustadz tersebut sedang menghipnotis jemaah pengajiannya. Begitu juga di agama lain, banyak contohnya. Kalau begitu…dimana letak pertentangan hipnotis dengan agama jika agama juga menggunakan teknik hipnotis untuk memperkuat iman dari jemaahnya.

Coba anda ingat, bagi yang pernah mengikuti acara muhasabah, disaat anda menangis meraung-raung, tentu anda sudah tidak berpikir lagi bahwa anda sudah dewasa, anda sedang ada ditempat publik , anda sudah merasa tidak malu lagi untuk menangis seperti itu. Dalam kata lain, anda sudah tidak berlogika, anda sedang terhipnotis oleh lantunan doa dan kata-kata dari pemimpin pengajian itu. dampaknya adalah semua sugesti positif bisa masuk ke pikiran anda sehingga setelah melalui acara itu kita merasa kelegaan dan ketenangan.

Proses seperti itu juga disebut sebagai hipnoterapi, artinya apapun bentuk dari sebuah perlakuan kepada manusia sehingga membuat orang itu terhanyut ke dalam perasaanya yang dalam disebut sebagai hipnosis (hipnotist=orangnya)

Firman Pratama (spesialis bawah sadar)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s