Pengertian Ilmu Hipnotis

Pengertian hipnotis menurut Wikipedia adalah “suatu kondisi pikiran di mana fungsi analitis logis pikiran direduksi sehingga memungkinkan individu masuk ke dalam kondisi bawah sadar (sub-conscious/unconcious), di mana tersimpan beragam potensi internal yang dapat dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup. Individu yang berada pada kondisi “hypnotic trance” lebih terbuka terhadap sugesti dan dapat dinetralkan dari berbagai rasa takut berlebih (phobia), trauma ataupun rasa sakit.”

Banyak orang salah mengerti salah memahami bila mendengar kata Hipnotis, mengatakan bahwa hipnotis adalah suatu bentuk praktik Supranatural, bahkan ada yang berpendapat bahwa Hipnotis sangatlah berbahaya karena berhubungan dengan magic, kuasa kegelapan atau ilmu yang menguasai pikiran secara sesat dan masih banyak lagi, dan itu sama sekali tidak benar, karena Hipnotisme merupakan cabang ilmu pengetahuan yang sama ilmiahnya dengan ilmu psikologi, sosiologi dan cabang ilmu pengetahuan lainnya. semua itu disebabkan karena ketidak pahaman dan ketidak mengertian orang terhadap apa sebenarnya dan apa yang dimaksud dengan Hipnotisme.

Hipnotis seringkali dihubungkan dengan pikiran bawah sadar. Lalu sebenarnya apakah hubungan hipnotis dengan pikiran bawah sadar? Hipnotis adalah suatu teknik untuk menyampaikan pesan agar “memasuki” pikiran bawah sadar. Oleh karena pikiran bawah sadar memiliki pengaruh yang sangat besar, yaitu88%, maka diharapkan pesan ini dapat dieksekusi menjadi suatu tindakan atau pola pikir. Oleh karena itu dipertunjukkan hipnotis panggung (StageHypnosis), seorang Stage Hypnotist dapat membuat orang lain melakukan hal-hal diluar kebiasaan normal, dengan cara memasukkan pesan-pesan (sugesti) tersebut kepikiran bawah sadar. Ingat bahwa pikiran bawah sadar cenderung tidak perduli suatu saran “benar” atau “salah”.Cara penalaran pikiran bawah sadar sangat berbeda dengan pikiran sadar.

Kita bisa mengucapkan suatu afirmasi atau sugesti kepada seseorang dalam kondisi sadar tanpa hasil apapun, tetapi apabila kita mengucapkan sugesti yang sama dalam kondisi hypnosis, maka hasilnya sangat luar biasa. Mengapa bisa demikian ? Dalam ilmu hypnosis, pikiran manusia diibaratkan seperti bawang yang berlapis-lapis. Manusia mempunyai dua jenis pikiran yang bekerja secara simultan dan saling mempengaruhi, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar / conscious mind adalah proses mental yang Anda sadari dan bisa Anda kendalikan. Pikiran bawah sadar / subconscious mind adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya. Besarnya pengaruh pikiran sadar terhadap seluruh aspek kehidupan seseorang, misalnya sikap, kepribadian, perilaku, kebiasaan, cara pikir, dan kondisi mental seseorang hanya 12%. Sedangkan besarnya pengaruh pikiran bawah sadar adalah 88%. Untuk mudahnya kita bulatkan menjadi 10% dan 90%. Dari sini dapat kita ketahui bahwa pikiran bawah sadar mengendalikan diri kita 9 kali lebih kuat dibandingkan pikiran sadar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s